Parenting - Ayah Azis



Azis Muslimin, 

Dalam sebuah sesi tanya jawab di acara kegiatan parenting Akbar, ada walimurid yg berasal dari Betawi bertanya. Begini tanya jawabnya:

 

Peserta: Pak, kenapa sih gue harus memaafkan die? Padahal kesalahan die itu, bujubuneng!!! Gedeee banget, hati gue sakit!! (sambil mengelus dada)

 

Psikolog: Sekarang saya kasih ibu analogi kenapa seseorang itu harus memaafkan. Perkara nanti ibu mau memaafkan atau tidak, terserah ibu. Itu murni pilihan ibu sendiri. Silakan saja !!!

 

Sekarang saya tanya kepada ibu,  jika ada seseorang yang melemparkan api ke rumah ibu, apa tindakan pertama yang akan ibu lakukan? Mematikan api atau nguber si pelempar api sampai dapet lalu itu orang pukulin rame rame?

 

Peserta: Tentu gue matiin api dulu dong? Ya kan?

 

Psikolog: Mengapa ibu lakukan itu?

 

Peserta: Yaelah, pake nanya lagi!! Jelas harus dimatiin dulu dong, sebab jika tidak, api itu bisa menjalar kemane mane. Rumah gue dan seisinya bisa ludes dimakan tu api. Bisa berabe deh urusannya!!!

 

Psikolog: Baik, sekarang jika ada seseorang yang melempar api ke hati ibu, kira kira apa tindakan pertama kali yang akan ibu lakukan? Matiin api dulu atau nguber si pelempar api? Coba jawab dengan jujur!!

 

Peserta: Busyeet..kena deh gue!!!

 

Psikolog: Seperti itulah memaafkan ibu!!!

 

Peserta: Tapi kan memaafkan itu tidak semudah membalikan telapak tangan? Kalau ada yg mengatakan mudah, itu boong besar!! Sok-sokan tuh orang !!!

 

Psikolog: Betul. Siapa juga yang mengatakan mudah?

 

Memutuskan untuk benar-benar memaafkan itu butuh proses bergelut dengan pikiran, perasaan, spiritual. Jika perlu bertempur dengan ego yang sedang meraksasa. Kompleks dan rumit !!!

 

Nah sekarang saya akan bertanya lagi kepada ibu?

 

Kira kira apa yang menyebabkan pikiran ibu sulit bahkan enggan untuk memaafkan?

 

Peserta: Nih kita jujur- jujuran aja ya pak, jangan muna deh, sok-sok bijak, mengatakan maafkanlah, ikhlasin aja? Sulit tahu!!!

 

Padahal jika mau jujur lagi bibirnya sudah berkata memaafkan tetapi jika teringat aktor dan peristiwanya emosinya masih mendidih parah. Iya kan? Memaafkan kagak tuh namanya?

 

Gini nih pak, kenapa gue enggan memaafkan die karena gue berfikir, enak bener dia dapet maaf dari gue setelah apa yang die lakuin ke gue?

 

Dia telah membuat gue terpuruk mampus, masak sih dikasih bonus tambahan dengan memaafkan! Enak betul die. Gilaaa!!!

 

Psikokog: Mungkin ibu terlalu imajinatif. Apakah ibu tahu persis dan mempunyai bukti bahwa dia mendapatkan keuntungan setelah ibu maafkan?

 

Bisa jadi dia cuek bebek loo bu!! Tidak peduli ama ibu. Bahkan mungkin dia tidak menyadari jika perbuatannya itu membuat ibu terluka.

 

Lagi pula ibu, sebenarnya memaafkan itu tidak ada kaitan sama sekali dengan orang lain.

 

Memaafkan bukan untuk orang lain tetapi untuk diri ibu sendiri. Itu aktivitas pribadi, privat dan tidak perlu dipublikasikan dan tidak perlu orang banyak tahu kalau ibu sudah memaafkan

 

Peserta: iya sih, tapi bukannya memaafkan itu termasuk bentuk ketidakmampuan membela hak-hak gue sendiri? Ya dong???

 

Berarti Gue pribadi yang lemah dong, bahkan hak-hak gue dilanggar aja tidak mampu membelanya.

 

Psikolog: Apakah membela hak-hak yang dilanggar hanya dapat dilakukan dengan emosi marah dan dendam?

 

Sementara pada waktu yang sama diri anda semakin tersiksa dan terpuruk!!! Setiap hari energi ibu terkuras untuk memperbesar kemarahan sekaligus memasukkan emosi negatif dalam dendam kesumat ibu!

 

Bukankah lebih baik mempertahankan hak-hak anda yang terlanggar dengan melepaskan diri dari rasa marah dan dendam?


Selain itu, coba deh ibu berfikir pelan-pelan!


Mempertahankan kemarahan sambil membela hak-hak ibu yang terlanggar bukankah  justru ibu melakukan hal-hal yang paradoks?


Disatu sisi ibu ingin membela hak-hak ibu yang terlanggar tetapi pada waktu yang sama ibu justru tidak menghargai hak-hak ibu sendiri untuk hidup tenang, damai dan bahagia?


Kalau seperti itu siapa sebenarnya yang dirugikan?


Peserta: Matii deh gue, dua kali kena!!! Ya tapikan?????


To be continue!!!

 


Posting Komentar untuk "Parenting - Ayah Azis"