"TIADA KATA PENSIUN BUAT AYAH"


Ayah Hadi Purnomo

(Komunitas Ayah Keren )

Lansia adalah fase usia terbaik bagi seseorang secara kedewasaan pengalaman sosial dan spritual untu k mencapai puncak kerja dan prestasinya hingga akhir hayat menjemputnya.

Maka TAK   ADA Kamus  pensiun  dalam konsep mujahid. Mengaitkan  pensiun dengan lansia adalah BLOCK MENTAL yang  harus dibongkar sejak awal. Memahami Surah Al Fatihah ( The OPENED) , dalam konteks ini, maka kuncinya dan solusinya ada  3 level   yang harus dilakukan, pertama OPEN  YOUR MIND,OPEN YOUR HEART ,dan OPEN YOUR HAND. 

Saya    melihat  ada   salah    satu  role  modelnya,  yaitu     sosok    Syeikh  Prof. KH.Dr. MIFTAH  FARID ( Salah Satu Nara Sumber Diklat  dan  Syeikh  M.DAUD  GUNAWAN,SE. ( Salah satu Peserta Diklat )    Keduanya   saat ini   berusia  80 tahun. (lihat foto). Sebutan ‘syeikh—artinya orang tua  adalah   sebutan  penghormatan dan kemuliaan   dalam tradisi Arab-Mekkah. Dalam tradisi di Biladil jawi, sebutan   Buya, Abah,termasuk setara.

Prof Miftah, biasa kami memanggil, adalah sosok panutan. Dosen agama terbaik di ITB. Saya lama sekali berinteraksi dan di bimbing beliau dalam keagamaan. Bahkan dalam kegiatan² douroh Mahasiswa, tidak jarang ana sowan ke beliau untuk mendapatkan dukungan dan solusi pendanaan. 

Abah M Daud Gunawan, aktifis tulen. Sepanjang hidupnya bergerak meluruskan yang bengkok. Pernah bersama asuhan beliau ketika memobilisasi demontrasi saat perang teluk meletus di tahun 90an.

Untuk beliau berdua semoga Alloh panjangkan umurnya.

Posting Komentar untuk ""TIADA KATA PENSIUN BUAT AYAH""